Institusion
Universitas Negeri Semarang
Author
Angga Pradita Wibowo , 6102909038
Subject
Education, Training, Research
Datestamp
2015-04-25 07:59:15
Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan
permainan bola voli melalui permainan bola voli net hidup memanfaatkan linkungan
sekitar pada siswa kelas V SDN 8 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.
Metode penelitian ini adalah penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
pendekatan deskritif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas V
SD 8 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus yang berjumlah 24 siswa.
Adapun instrumen penelitian yang dipergunakan adalah angket atau kuesioner, lembar
observasi dan dokumentasi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah
angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase.
Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tujuh
langkah yang utama yaitu dengan : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan
pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2)
mengembangkan produk awal (berupa model permainan bola voli net hidup), (3)
evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran,
serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi
kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari
evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (8 siswa), (5) uji lapangan(24 siswa), (6) revisi
produk akhir berdasarkan hasil dari uji lapangan, (7) hasil akhir model permainan bola
voli net hidup bagi siswa SDN 8 Gondosari yang dihasilkan melalui revisi uji
lapangan. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang
dilakukan oleh ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok
kecil (8 siswa SDN 8 Gondosari), dan uji lapangan (24 siswa SDN 8 Gondosari). Data
berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh
siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk
mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan
produk.
Dari uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 82,6% (baik), ahli
pembelajaran I 88% (baik), ahli pembelajaran II 89,3% (baik), uji coba kelompok kecil
87,%1 (baik), dan uji lapangan 95,83% (sangatbaik). Data dari yang ada maka dapat
disimpulkan bahwa model permainan bola voli net hidup ini dapat digunakan bagi
siswa SDN 8 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru pendidikan jasmani
dan olahraga Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran bola voli
melalui permainan bola voli net hidup ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan
Jasmani dan Olahraga Kesehatan.