DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 101819 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2017/2018
Total View This Week14
Institusion
Universitas Quality
Author
SURBAKTI, HESTI PRATIWI BR, 1405030071
Subject
510 Mathematics 
Datestamp
2020-06-18 03:31:35 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi bahwa persentase aktivitas guru meningkat dari 55,75% (Cukup) menjadi 79,75% (Baik), persentase aktivitas siswa meningkat dari 64 (Cukup) menjadi 88 (Baik). Dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 69,06 menjadi 79,05. Sebelum hipotesis penelitian diuji, seluruh data hasil belajar telah memenuhi syarat pengujian hipotesis yaitu seluruh data berdistribusi normal dan kedua sampel homogen.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata(uji t) dan diperoleh t_hitung 4,139 > t_tabel 2,009. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyelesaikan Pembulatan dan Penaksiran pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisionslebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional di kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2017/2018. 
Institution Info

Universitas Quality