Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk siswa
mengalami kesulitan pada materi pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran yang belum maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan
perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievment Division untuk meningkatkan kemampuan menghitung pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 064024 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 064024 yang berjumlah 49 siswa sebagai menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan model Student Teams Achievment Division di Kelas V SD Negeri 064024 Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essai yang dibatasi ranah kognitif C1. Analisis data yang digunakan adalah rumus
pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan ratarata hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) kemampuan menghitung siswa meningkat (3) kemampuan
menghitung siswa dengan menggunakan model student teams achievment division lebih baik daripada menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran di kelas V SD Negeri 064024 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018.