Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
Dewi, Yashinta Saputri
Syofiani, Syofiani
Romi, Isnanda
Subject
L Education (General)
Datestamp
2021-07-13 06:48:19
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa siswa
kelas VIII dalam tindak tutur pada proses belajar mengajar di SMPN 1 Pasaman,
Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. Teori yang dijadikan acuan
dalam penulisan penelitian ini adalah pendapat tentang Kesantunan berbahasa
yang dikemukakan oleh Syahrul R (2008), dan Abdul Chaer (2010). Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara menyadap atau merekam, dan teknik
simak, libat, cakap. Teknik analisis data dilakukan dengan cara yaitu (1)
mengelompokkan tuturan yang diungkapkan oleh siswa kelas VIII SMPN 1
Pasaman, (2) melakukan interpretasi terhadap data berdasarkan teori yang di
jadikan acuan dalam penelitian, (3) menyimpulkan hasil analisis data secara
keseluruhan. Berdasarkan analisis data dan pembahasan ditemukan 49 data berupa
percakapan. Dari 49 data tersebut setelah dikelompokkan ke dalam 6 maksim
adalah sebagai berikut: data tuturan yang menyatakan maksim kesepakatan
sebanyak 12 data tuturan, maksim kearifan sebanyak 2 data tuturan, maksim
murah hati sebanyak 1 data tuturan, maksim pujian sebanyak 6 data tuturan,
maksim simpati sebanyak 10 data tuturan, maksim kerendahan hati tidak ada data
yang ditemukan serta 12 data lainnya tidak termasuk ke dalam beberapa maksim
karena tidak sesuai dengan kriteria maksim-maksim tersebut. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan maksim kesepakatan lebih dominan dari maksim
yang lainnya karena saat proses pembelajaran antara siswa dan guru di SMPN 1
Pasaman saling memahami dan mengerti tuturan serta situasi pada saat itu,
meskipun siswa dalam proses pembelajaran terkadang menggunakan bahasa
daerah tetapi tetap disampaikan dengan bahasa yang santun sehingga dalam
berkomunikasi saat proses pembelajaran tidak ada guru maupun siswa yang
merasa tersinggung.
Kata kunci: kesantunan, tuturan, pembelajaran