DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Modul Pembelajaran PKn Dengan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 33 Padang Mandiangin
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bung Hatta
Author
Adek Saputra, Adek
Dr. M. Nursi, M.Si., Nursi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-08-07 02:42:33 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul pembelajaran PKn dengan pendekatan Contexstual Teaching and Learning pada materi keragaman sosial budaya dan keragaman sosial budaya untuk siswa kelas V SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran PKn dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning ini dikembangkan dengan menggunakan 3-D models. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas V SDN 33 Padang Mandiangin untuk mengetahui validitas modul yang dikembangkan. Hasil penelitian mengetahui bahwa modul pembelajaran PKn dengan pendekatan kontekstual pada untuk siswa kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan presentase nilai validasi materi 86,66%, validasi Bahasa 88,88% dan validasi desain 93,33% Maka rata-rata validasi Modul Pembelajaran Keberagaman Sosial Budaya persentase kevalidan 89,58% dan Presentase Praktikalis Guru 98,43% dan Presentase Praktikalis siswwa 85,71%. Maka disimpulkan modul pembelajaran PKn berbasis Contekstual Teaching and Learning dikategorikan valid dan Praktis untuk digunakan pada kelas V dalam pelaksanaan pembelajaran di SD. Kata Kunci: Modul Pembelajaran PKn, Model Contexstual Teaching and Learning. 
Institution Info

Universitas Bung Hatta