Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
PERGUSDA, ANDRI
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2022-12-13 08:16:21
Abstract :
ANDRI PERGUSDA. ?Studi Deskriptif Tingkat Kejenuhan Mahasiswa dengan
Pembelajaran Dalam Jaringan Selama Pandemi COVID-19 di STIKES Bethesda
Yakkum Yogyakarta?
LATAR BELAKANG: Terkait adanya penyebaran Covid-19 maka segala kegiatan
didalam dan diluar ruangan sementara waktu ditunda demi mengurangi penyebaran
virus Covid-19. Kondisi demikian menuntut lembaga pendidikan untuk melakukan
inovasi dalam proses pembelajaran. Bentuk inovasi tersebut yaitu dengan melakukan
pembelajaran secara online atau dalam jaringan. Hasil wawancara pada tanggal 12
September 2020 terhadap 3 mahasiswa yang tinggal diasrama mengatakan bahwa
kejenuhan belajar sering dirasakan selama pembelajaran online.
TUJUAN: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kejenuhan
mahasiswa dengan pembelajaran dalam jaringan selama pendemi Covid-19 di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021.
METODE : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, populasi berjumlah
87 orang dengan sampel 67 orang. Teknik purposive sampling, alat ukur kuesioner
menggunakan adaptasi dari Maslach Burnout Inventory (MBI-SS).
HASIL: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kejenuhan mahasiswa dengan
pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19 di STIKES Bethesda 2021
dalam kategori sangat rendah 0%, rendah 15%, sedang 69%, tinggi 16%, sangat tinggi
0%.
KESIMPULAN: Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat
kejenuhan mahasiswa dengan pembelajaran dalam jaringan selama pandemi Covid-19
di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2021 dengan kategori sedang dengan
persentase 69%.
SARAN: Metode pembelajaran dalam jaringan yang di berikan harus menarik agar
mahasiswa tidak jenuh selama pembelajaran. Mahasiswa harus aktif dalam proses
pembelajaran dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan. Penelitian selanjutnya
diharapkan dapat dilakukan dengan lebih memperhatikan variabel lain yang dapat
mempengaruhi kejenuhan belajar.
Kata Kunci: tingkat kejenuhan ? pembelajaran daring
XV ? 40 ? 9 tabel ? 2 skema ? 12 lampiran
KEPUSTAKAAN: 25, 2011-2021