Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
NA'U, INGGRID
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2022-12-14 08:54:42
Abstract :
INGGRID NA?U. ?Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Kedisiplinan
Mahasiswa Keperawatan Dalam Menjalani Proses Perkuliahan Metode Daring Di
Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021?.
Latar Belakang: Pembelajaran daring merupakan sistem pendidikan jarak jauh
dengan metode pengajaran terpisah dari aktivitas belajar. Studi awal di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta dari 50 mahasiswa semester II, IV, VI, dan VIII
bahwa 10 mahasiswa kurang paham dan focus pada pelajaran yang di sampaikan
dosen, 20 mahasiswa mengalami kendala saat pembelajaran daring sedang
berlangsung, dan 30 mahasiswa meningkatkan semangat menjalani pembelajaran
secara daring dengan memotivasi diri sendiri dan disiplin belajar
Tujuan: Mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Kedisiplinan
Mahasiswa Keperawatan Dalam Menjalani Proses Perkuliahan Metode Daring Di
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2021.
Metode: Desain korelatif kuantitatif dengan cross sectional study. Populasi
penelitian berjumlah 444. Jumlah sampel penelitian ini adalah 82 orang mahasiswa
keperawatan di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta. Alat ukur menggunakan
kuisioner. Analisi data penelitian ini menggunakan spearman rank.
Hasil: Terdapat hubungan motivasi belajar dengan tingkat kedisiplinan mahasiswa
keperawatan dalam menjalani proses perkuliahan metode daring dengan nilai
korelasi 0,324 (tingkat keeratan cukup).
Kesimpulan: Terdapat hubungan motivasi belajar dengan tingkat kedisiplinan
mahasiswa keperawatan dalam menjalani proses perkuliahan metode daring di
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2021.
Saran: Hasil penelitian digunakan sebagai bahan acuan untuk melakukan penelitian
kualitatif yang berhubungan dengan motivasi dan tingkat kedisiplinan mahasiswa
dalam menjalani proses perkuliahan metode daring.
Kata Kunci : motivasi belajar-tingkat kedisiplinan-metode daring
xvi + 81 hal + 11 tabel + 2 skema + 17 lampiran
Kepustakaan: 37, 2011-2021