DETAIL DOCUMENT
MEKANISME KOPING MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2020
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
ARDIANTA, PETRA
Subject
616.8 Penyakit Pada Sistem Syaraf dan Gangguan Jiwa 
Datestamp
2022-12-14 04:28:28 
Abstract :
PETRA ARDIANTA. ?Mekanisme Koping Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2020.? Latar Belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan kebijakan pembelajaran menjadi Kegiatan Belajar Mengajar secara online (daring) termasuk diseluruh indonesia. Pembelajaran daring yang masih asing bagi mahasiswa memberikan dampak berupa stressor selama pembelajarandaring diberlakukan. Tujuan penelitian: Mengetahui mekanisme koping mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di STIKES Bethesda Yakkum tahun 2020. Metode penelitian: Kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel sebanyak 6 responden saturasi satu dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dengan wawancara mendalam. Analisis data dengan trankripsi, koding, kategorisasi, verifikasi, dan triangulasi. Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini mendapatkan dua tema yaitu proses mekanisme koping dan faktor ? faktor yang mempengaruhi proses mekanisme koping. Kesimpulan: Penanggulangan stressor yang di alamai mahasiswa selama pembelajaran daring dapat dikategorikan mampu menggunakan mekanisme koping secara baik dan benar serta mekanisme kopingya bersifat adaptif. Saran: Peneliti selanjutnya dapat meneliti mengenai hubungan faktor - faktor yang mempengaruhi mekanisme koping terhadap stressor selama pembelajaran daring. Kata Kunci: COVID-19, Pembelajaran Online, Mekanisme Koping. xvi + 71 halaman + 2 tabel + 2 skema + 11 lampiran. Kepustakaan: 50, 2008-2020. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum