Abstract :
PETRA ARDIANTA. ?Mekanisme Koping Mahasiswa terhadap Pembelajaran
Daring selama Pandemi Covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun
2020.?
Latar Belakang: Pandemi COVID-19 menyebabkan kebijakan pembelajaran
menjadi Kegiatan Belajar Mengajar secara online (daring) termasuk diseluruh
indonesia. Pembelajaran daring yang masih asing bagi mahasiswa memberikan
dampak berupa stressor selama pembelajarandaring diberlakukan.
Tujuan penelitian: Mengetahui mekanisme koping mahasiswa terhadap
pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di STIKES Bethesda Yakkum
tahun 2020.
Metode penelitian: Kualitatif dengan metode deskriptif. Sampel sebanyak 6
responden saturasi satu dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data
dengan wawancara mendalam. Analisis data dengan trankripsi, koding, kategorisasi,
verifikasi, dan triangulasi.
Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian ini mendapatkan dua tema yaitu proses
mekanisme koping dan faktor ? faktor yang mempengaruhi proses mekanisme
koping.
Kesimpulan: Penanggulangan stressor yang di alamai mahasiswa selama
pembelajaran daring dapat dikategorikan mampu menggunakan mekanisme koping
secara baik dan benar serta mekanisme kopingya bersifat adaptif.
Saran: Peneliti selanjutnya dapat meneliti mengenai hubungan faktor - faktor yang
mempengaruhi mekanisme koping terhadap stressor selama pembelajaran daring.
Kata Kunci: COVID-19, Pembelajaran Online, Mekanisme Koping.
xvi + 71 halaman + 2 tabel + 2 skema + 11 lampiran.
Kepustakaan: 50, 2008-2020.