Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
CHRISTY, DEVITA MILIA
Subject
610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Datestamp
2024-01-19 08:30:29
Abstract :
DEVITA MILIA CHRISTY. ? Studi Fenomenologi Peran Guru dalam Penerapan
Oral Hygiene pada Anak Autisme di Pusat Terapi Autisme Permata Ananda
Jaranan Banguntapan Bantul ?.
Latar belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling sering dijumpai
pada anak autisme yaitu karies gigi, gigi berlubang. Salah satu strategi yang
dilakukan untuk mencegah masalah gigi pada anak autisme perlu dilakukan oral
hygiene disekolah yang di dampingi oleh guru didiknya.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penerapan
oral hygiene pada anak autisme
Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara
semiterstruktur. Subyek dari penelitian ini adalah Guru di Pusat Terapi Permata
Ananda Jaranan Banguntapan Bantul. Teknik penelitian ini menggunakan metode
purposive sampling dengan 4 partisipan. Hasil di transkip dan dianalisis
menggunakan thematic content analysis.
Hasil : Terdapat 4 partisipan didapatkan 133 kode dan 8 kategori kemudian diambil
5 tema yaitu peran guru pendidik dalam pemahaman tentang oral hygiene, peran
guru pembimbing dalam penerapan oral hygiene, peran guru penasehat dalam
penerapan oral hygiene, peran guru innovator dalam penerapan cara-cara yang baru
dalam melakukan oral hygiene, peran emansipator supaya anak bisa percaya diri.
Kesimpulan : Guru memiliki peran pendidik, pembimbing, penasehat, innovator,
emansipator yang semua berperan penting dalam menerapakan oral hygiene pada
anak autisme.
Saran : Bagi peneliti selanjutnya yang meneliti tentang penerapan oral hygiene
pada anak autisme agar memperluas area penelitian mendapatkan data yang lebih
luas
Kata kunci : Oral hygiene-guru-autisme
xiv+2 tabel + 2 skema + 13 lampiran
Kepustakaan : 33, 2010-2016