DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN TINGKAT 3 TENTANG PENGGUNAAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI STIKES BETHESDA YAKKUM YOGYAKARTA TAHUN 2022
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
CLARET, LIDIA MARIA
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) 
Datestamp
2024-01-23 07:14:26 
Abstract :
LIDIA MARIA CLARET. ?Persepsi Mahasiswa Sarjana Keperawatan Tingkat 3 Tentang Penggunaan E-learning Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022?. Latar Belakang: PBL di STIKES Bethesda yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka berubah menjadi secara e-learning sejak pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap 6 mahasiswa, 5 mahasiswa menyatakan PBL secara e-learning kurang efektif daripada PBL tatap muka karena banyak gangguan teknis. Tujuan: Mengetahui persepsi mahasiswa tentang model pembelajaran PBL di STIKES Bethesda yang dilaksanakan secara e-learning. Metode: Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi penelitian yakni mahasiswa Sarjana Keperawatan Reguler tingkat 3 STIKES Bethesda yang berjumlah 101 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 6 partisipan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan analisis data menggunakan metode Colaizzi. Hasil: Penelitian ini memperoleh 6 tema yakni pendapat mahasiswa tentang pelaksanaan PBL secara e-learning/online, hambatan dalam pelaksanaan PBL secara e-learning/online, upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan PBL secara e-learning/online, kelebihan PBL yang dilaksanakan secara e- learning/online, kekurangan PBL yang dilaksanakan secara e-learning/online, dan harapan mahasiswa untuk pelaksanaan PBL kedepannya. Kesimpulan: Mahasiswa berpendapat bahwa PBL secara e-learning memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas namun menyulitkan mahasiswa dalam memahami materi. Saran: Peneliti selanjutnya hendaknya fokus meneliti variabel lain untuk dianalisis seperti hambatan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan PBL secara e-learning. Kata Kunci: Persepsi ? Problem Based Learning ? E-Learning xiv + 75 Hal + 1 Tabel + 2 Skema + 11 Lampiran Kepustakaan: 50, 2012-2021 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum