Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
CLARET, LIDIA MARIA
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2024-01-23 07:14:26
Abstract :
LIDIA MARIA CLARET. ?Persepsi Mahasiswa Sarjana Keperawatan Tingkat 3
Tentang Penggunaan E-learning Dalam Pembelajaran Problem Based Learning
Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022?.
Latar Belakang: PBL di STIKES Bethesda yang awalnya dilaksanakan secara
tatap muka berubah menjadi secara e-learning sejak pandemi Covid-19.
Berdasarkan hasil studi pendahuluan terhadap 6 mahasiswa, 5 mahasiswa
menyatakan PBL secara e-learning kurang efektif daripada PBL tatap muka
karena banyak gangguan teknis.
Tujuan: Mengetahui persepsi mahasiswa tentang model pembelajaran PBL di
STIKES Bethesda yang dilaksanakan secara e-learning.
Metode: Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Populasi penelitian
yakni mahasiswa Sarjana Keperawatan Reguler tingkat 3 STIKES Bethesda yang
berjumlah 101 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling dengan jumlah sampel 6 partisipan. Teknik pengumpulan data dengan
wawancara dan analisis data menggunakan metode Colaizzi.
Hasil: Penelitian ini memperoleh 6 tema yakni pendapat mahasiswa tentang
pelaksanaan PBL secara e-learning/online, hambatan dalam pelaksanaan PBL
secara e-learning/online, upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan PBL
secara e-learning/online, kelebihan PBL yang dilaksanakan secara e-
learning/online, kekurangan PBL yang dilaksanakan secara e-learning/online, dan
harapan mahasiswa untuk pelaksanaan PBL kedepannya.
Kesimpulan: Mahasiswa berpendapat bahwa PBL secara e-learning
memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas namun menyulitkan
mahasiswa dalam memahami materi.
Saran: Peneliti selanjutnya hendaknya fokus meneliti variabel lain untuk
dianalisis seperti hambatan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan PBL secara
e-learning.
Kata Kunci: Persepsi ? Problem Based Learning ? E-Learning
xiv + 75 Hal + 1 Tabel + 2 Skema + 11 Lampiran
Kepustakaan: 50, 2012-2021