Abstract :
Yosep Andriano. ?Pengaruh Brain Gym terhadap Kelancaran Komunikasi Verbal
pada Anak Autis Usia Prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda
Jaranan Banguntapan Bantul Yogyakarta Tahun 2018?.
Latar Belakang : Pusat Terapi Yayasan Permata Ananda merupakan tempat
terapis anak autisme, salah satu fasilitasnya adalah kelas bahasa. Siswa dalam
kelas bahasa masih sulit berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama.
Tujuan : Mengetahui pengaruh brain gym terhadap kelancaran komunikasi verbal
pada anak autis usia prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda Jaranan
Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun 2018.
Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian
pretest and posttest without control group. Populasinya adalah anak autisme usia
pra sekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Ananda Yogyakarta berjumlah 15
anak. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi dengan jumlah
sampel 15 orang. Pengumpulan data menggunakan Denver Developmental
Screening Test II (DDST II). Analisis dalam penelitian ini menggunakan
Wilcoxon Signed Test dengan komputerisasi.
Hasil : Hasil p value sebesar 0,004 dengan tingkat kemaknaan ?= 0.05 (p < 0.05)
maka H0 ditolak dan H? diterima.
Kesimpulan : Ada pengaruh brain gym terhadap kelancaran komunikasi verbal
pada anak autis usia prasekolah di Pusat Terapi Autisme Permata Amanda Jaranan
Banguntapan Bantul Yogyakarta tahun 2018.
Saran : Bagi institusi Pusat Terapi Autisme diharapkan senam brain gym dapat
dijadikan sebagai intervensi dalam meningkatkan kelancaran komunikasi verbal
pada anak autisme.
Kata kunci : Brain Gym ? DDST II ? Kelancaran Komunikasi Verbal
xix + 162 hal + 15 tabel + 19 gambar + 2 skema + 8 lampiran
Kepustakaan : 52, 2007 ? 2016