Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
DEWI, CHRISMAWANTI KUSUMA
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2019-11-07 08:19:44
Abstract :
CHRISMAWANTI KUSUMA DEWI. ?Hubungan Antara Penerapan Metode
Pembelajaran Problem Based Learning Dan Motivasi Belajar Mahasiswa
Tingkat II Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Stikes Bethesda Yogyakarta
Tahun 2014?
Latar belakang:
Problem-based learning merupakan suatu pendekatan pendidikan dengan
menggunakan bahan stimulus untuk membantu mahasiswa berdiskusi tentang
masalah yang penting. PBL di STIKES Bethesda membosankan mahasiswa di
karenakan para mahasiswa masih dalam masa peralihan dan adaptasi.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara penerapan metode pembelajaran PBL dan
motivasi belajar mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Keperawatan STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta Desember Tahun 2014.
Metode: Desain penelitian ini adalah studi korelasi dengan pendekatan cross
sectional. Jumlah sample yang diambil 108 mahasiswa prodi S-1 ilmu
keperawatan STIKES Bethesda YAKKUM Yogyakarta tingkat II semester III.
Pengambilan sample menggunakan random sampling. Instrument berupa
kuesioner tertutup. Analisis menggunakan korelasi tata jenjang sperman.
Hasil: Penerapan metode pembelajaran problem based learning dengan kategori
cukup 83,3% dan motivasi belajar mahasiswa tingkat II dengan kategori sedang
59,3%. Hasil analisis uji Sperman rank didapatkan nilai korelasi sebesar 0,616
dengan p value 0,000 (p<0,05).
Kesimpulan: Ada hubungan antara penerapan metode pembelajaran PBL di
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta dan motivasi belajar mahasiswa S1
Tingkat II STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2014.
Saran: Disarankan peneliti lain untuk meneliti faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi motivasi terhadap proses penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning
Kata Kunci: problem based learning ? motivasi
xvii + 72 + 9 tabel + 3 skema + 7 lampiran
Kepustakaan: 34, 2004-2014