Abstract :
PASKALIS SURIANTO, ?Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap
Kecemasan Anak Kelas IV Dan Kelas V Paska Gempa Di Sekolah Dasar Imanuel
Palu Sulawesi Tengah Tahun 2019?.
LATAR BELAKANG: Kecemasan merupakan suatu perasaan subjektif
mengenai ketegangan mental yang menggelisahkan sebagai reaksi umum dari
ketidak mampuan mengatasi suatu masalah atau tidak adanya rasa aman (Anwar,
2015). Setelah gempa yang terjadi di Palu Sulawesi Tengah tahun 2018 30 anak
mengatakan sering merasakan seperti adanya guncangan meskipun tidak terjadi
gempa.
TUJUAN: Mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan anak
paska gempa.
METODE: Penelitian ini menggunakan quasy experimental design dengan
rancangan one group pre test and post test design. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas IV dan kelas V yang mengalami kecemasan berjumlah 60 anak.
Teknik sampling menggunakan total populasi dengan jumlah 60 anak. Analisis
data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test.
HASIL: Hasil pengujian secara statistik didapatkan hasil p value = 0,000, dengan
nilai koefisien ? (alfa) = 0,05 maka p value < ?. Hasil ini dapat disimpulkan
bahwa H? diterima sehingga ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap
kecemasan anak kelas IV dan kelas V paska gempa di Sekolah Dasar Imanuel
Palu Tahun 2019.
KESIMPULAN: Ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap kecemasan anak
kelas IV dan kelas V paska gempa di SD Imanuel Palu Sulawesi Tengah Tahun
2019.
SARAN: Peneliti lain diharapkan untuk meneliti tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi kecemasan anak paska gempa.
KATA KUNCI: terapi bermain puzzle ? kecemasan
XVIII + 92 halaman + 9 tabel + 2 skema +14 lampiran
Kepustakaan: 33, 2008-2018