Abstract :
YOVITA KONDO engan Minat Melanjutkan
Pendidikan Profesi Ners pada Mahasiswa Tingkat IV Program Studi Sarjana
Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta
Latar Belakang: Pendidikan profesi merupakan suatu proses sosialisasi peserta didik
dalam mendapatkan pengalaman nyata untuk mencapai kemampuan keterampilan
profesional dalam melaksanakan asuhan keperawatan kepada pasien. Berdasarkan UU
No. 38 Th 2014 tentang keperawatan, sebuah profesi yang melaksanakan asuhan dan
praktik keperawatan seorang perawat diwajibkan memiliki surat tanda registrasi (STR).
Mahasiswa tidak melanjutkan Program Profesi Ners dengan alasan lebih baik bekerja
daripada harus melanjutkan Ners karena hanya menghabiskan waktu dan juga memang
tidak berminat untuk melanjutkan.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara persepsi dengan minat melanjutkan
Pendidikan Profesi Ners pada mahasiswa tingkat IV Program Studi Sarjana
Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasi dengan
pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling jumlah populasi 51 orang.
Hasil: Hasil uji statistik Fisher Exact menunjukkan p-value
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara persepsi dengan minat melanjutkan
pendidikan profesi ners pada mahasiswa Tingkat IV Program Studi Sarjana
Keperawatan STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
Saran: Peneliti menyarankan kepada peneliti lain untuk meneliti faktor-faktor yang
mempengaruhi persepsi dengan minat mahasiswa melanjutkan pendidikan profesi ners.
Kata Kunci: persepsi, minat, Pendidikan Profesi Ners
xviii + 74 halaman + 10 tabel + 3 skema + 15 lampiran
Kepustakaan: 37, 2009-2017