PROFIL PENERAPAN STANDAR KEFARMASIAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI APOTEK
ANUGERAH 2 DENPASAR UTARA Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Indrayani, Ni Nyoman Jenrey Sarvesa Maharjana, Ida Bagus Nyoman Reganata, Gde Palguna
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2023-03-07 03:33:41
Abstract :
Pelayanan Kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien dan kepuasan pasien merupakan cerminan hasil dari mutu pelayanan kesehatan yang diberikan di apotek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil penerapan standar pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien di Apotek Anugerah 2 Denpasar Utara. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer berupa jawaban apoteker dan asisten apoteker serta pasien terhadap kuesioner yang dibagikan oleh peneliti. Uji analisis menggunakan rumus distribusi frekuensi kumulatif dan analisis gap. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan standar pelayanan kefarmasian di Apotek Anugerah 2 Denpasar utara termasuk dalam katagori cukup baik dan tingkat kepuasan pasien termasuk dalam katagori puas.