Abstract :
ABSTRAK
Jaabir, (2022). Pengaruh Penerapan BNI SONIC (Self Service Opening Account)
Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Nasabah Pada BNI di Bali.. Tesis,
Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. I Wayan Bagia,
M,Si dan Pembimbing II: Putu Indah Rahmawati, SST.Par., M.Bus., Ph.D
Kata-kata kunci: BNI SONIC, Kualitas Pelayanan, Independent Sample T-Test
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap
pembukaan rekening tanpa menggunakan mesin BNI SONIC dan menggunakan
BNI SONIC, serta pengaruh penerapan BNI SONIC terhadap peningkatan
kualitas pelayanan pada BNI di Bali. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu di PT Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Singaraja, BNI Kantor Cabang
Renon, dan BNI Kantor Cabang Denpasar. Subjek dalam penelitian ini adalah
nasabah yang melakukan Transaksi di Bank BNI tersebut, sedangkan objek pada
penelitian ini adalah kualitas pelayanan kepada nasabah BNI Kantor Cabang
Singaraja, Kantor Cabang Renon, Kantor Cabang Denpasar akibat penerapan BNI
SONIC di BNI. Populasi pada penelitian ini adalah para nasabah Bank BNI
Cabang Singaraja, Kantor Cabang Renon, Kantor Cabang Denpasar yang
melakukan pembukaan rekening berjumlah 240 responden dengan formula
perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan data menggunakan
metode kuisioner yang diisi melalui Google Form. Teknik analisis data
menggunakan uji dua sample beda tidak berpasangan (Independent Sample TTest).
Hasil penelitan menunjukkan : (1) Tingkat kualitas pelayanan nasabah BNI
saat membuka rekening di Customer Service atau secara BNI Manual berdasarkan
nilai rata-rata menunjukkan kategori kualitas yang Cukup atas pelayanan nasabah
sebelum penerapan BNI SONIC. (2) Tingkat kualitas pelayanan pelanggan setelah
diterapkannya BNI SONIC berdasarkan nilai rata-rata menunjukkan hasil dengan
kategori kualitas yang “Sangat Tinggiâ€. (3) Dari hasil uji beda dua t tidak
berpasangan, nilai signifikansi menunjukkan nilai yang lebih kecil terhadap nilai
kritis angka (0,05) sehingga terdapat perbedaan signifikansi antara rata-rata hasil
dari kualitas pelayanan BNI Manual dan BNI SONIC. Kemudian, hasil nilai
korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh atas korelasi positif yang sangat
kuat atau tinggi antara kualitas pelayanan saat membuka rekening di Customer
Service dan sesudah penerapan BNI SONIC di Bank BNI Cabang Singaraja,
Kantor
Cabang Renon, Kantor Cabang Denpasar.