DETAIL DOCUMENT
AN ANALYSIS OF LANGUAGE STYLES USED BY THE LECTURERS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION OF GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION (UNDIKSHA) IN STORYTELLING ACTIVITIES THROUGH THEIR FACEBOOK LIVE VIDEOS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Seputra, I Gede Fandy
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-10-22 11:24:21 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa jenis-jenis gaya-gaya bahasa dan fungsi-fungsi gaya-gaya bahasa yang digunakan oleh dosen-dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) saat mendongeng melalui video-video siaran langsung facebook mereka. Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Subjek-subjek dari penelitian ini adalah lima dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) yang berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas mendongeng yang dilakukan melalui video-video siaran langsung di aplikasi facebook. Objek-objek dari penelitian ini adalah jenis-jenis dan fungsi-fungsi gaya-gaya bahasa yang digunakan oleh kelima dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dalam aktivitas-aktivitas mendongeng mereka. Data-data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi. Dalam menganalisa jenis-jenis gaya-gaya bahasa, teori-teori dari Martin Joos (1976) dan juga Mandell dan Kirzsner (2003) digunakan sebagai pedoman-pedoman. Sedangkan, teori dari Holmes (2013) digunakan sebagai pedoman dalam menganalisa fungsi-fungsi gaya-gaya bahasa. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ada 558 ucapan-ucapan yang mengindikasikan enam jenis dan enam fungsi gaya-gaya bahasa yang digunakan oleh kelima dosen saat menceritakan cerita-cerita. Keenam jenis gaya-gaya bahasa yang digunakan adalah gaya formal (31.3%), gaya konsultatif (26.7%), gaya kasual (19.2%), gaya sehari-hari (11.8%), gaya intim (10.1%), dan gaya gaul (0.9%). Sementara itu, keenam fungsi gaya-gaya bahasa yang digunakan meliputi fungsi referensial (34.1%), fungsi metalinguistik (20.4%), fungsi ekspresif (19.9%), fungsi direktif (16.3%), fungsi fatis (8.9%), dan fungsi puitis (0.4%). 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha