Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Wilantara, I Putu Gede Krishna
Subject
L Education (General)
Datestamp
2021-10-25 06:09:58
Abstract :
Game merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari anak-anak.
Maka. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah game edukasi
?KitaCerdas? khusus untuk melatih kecerdasan kognitif anak. Menurut Taksonomi
Bloom, ada tiga domain kecerdasan yang perlu dilatih sejak usia muda. Yaitu
kognitif yang berarti kecerdasan intelektual, afektif yang berarti sisi emosional, dan
psikomotor yang berarti sisi fisik. Kognitif yang terlatih akan membantu anak pada
setiap jenjang pendidikan.
Pengembangan Game Edukasi ?KitaCerdas? berbasis mobile ini merupakan
penelitian dan pengembangan dengan model waterfall sebagai model
pengembangan. Model Waterfall terdiri dari 4 tahap, yaitu Analisis, Perancangan,
Implementasi, dan Pengujian.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dapat dijalankan
pada smartphone berbasis Android. Produk akhir penelitian ini menunjukkan hasil
yang baik dari uji white-box dan uji black-box dengan persentase kesesuaian proses
sebesar 100%. Uji respon pengguna menggunakan User Experience Questionnaire
(UEQ) yang melibatkan 16 pengguna menunjukkan kesan positif pada daya tarik,
kejelasan, efisiensi, akurasi, stimulasi, dan kebaruan.