Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Metri Sulistya Sudeni, Luh
Subject
AS Academies and learned societies (General)
Datestamp
2022-02-17 00:58:38
Abstract :
DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC FOR ASSESSING
5TH GRADE ELEMENTARY SCHOOL
STUDENTS AT BULELENG REGENCY
By:
Luh Metri Sulistya Sudeni, 1812021103
English Language Education
ABSTRACT
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan rubrik
penilaian otentik dengan mengadopsi beberapa metode pembelajaran yang
bersesuain dengan pembelajaran abad ke-21, meliputi Problem-Based Learning,
Project-Based Learning, Task-Based Language Learning, dan Discovery-Based
Learning. Penelitian ini menggunakan model Desain dan Pengembangan oleh
Richey & Klein (2007) disertai tahapan Analysis, Design, Development, dan
Evaluation yang dikenal juga dengan ADDE. Subjek dalam penelitian ini adalah
guru dan siswa kelas 5 SD di di Kabupaten Buleleng. Terdapat beberapa jenis
instrument yang diterapkan seperti observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis
dokumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dan selanjutnya dianalasisi
dengan mixed method data analisis. Dari keseluruhan pengujian atau proses
evaluasi diperoleh bahwa keseluruhan rubrik yang telah dikembangkan
dinyatakan sebagai rubrik penilaian yang sangat baik oleh tiga ahli dan satu guru
penilai, serta dikatakan baik oleh satu hasil evaluasi guru untuk digunakan dalam
penilaian proses belajar mengajar Bahasa Inggris kelas 5 SD.
Kata-kata Kunci: rubrik penilaian otentik, metode pembelajaran abad 21, siswa
dan guru sekolah dasar.