Abstract :
Skripsi ini membahas tentang Konsep Profesionalisme Guru menurut KH.
M. Hasyim Asyari dan Relevansinya dengan Profesionalisme Guru di Era Digital.
Pokok masalahnya adalah Bagaimana konsep profesionalisme guru menurut KH.
M. Hasyim Asy'ari, dan relevansi konsep profesionalisme guru menurut KH. M.
Hasyim Asy?ari di era digital. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
mendiskripsikan konsep profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari.
dan relevansi konsep profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari di era
digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun jenis penelitian
yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kepustakaan atau sering disebut
library reseach. Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data
kepustakaan yaitu dengan mengkaji tentang konsep profesionalisme guru menurut
KH. Hasyim Asy?ari, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content
analysis atau analisis isi.
Hasil Penelitian bahwa Profesionalisme Guru yang harus dimiliki menurut
KH. M. Hasyim Asyari, yaitu sosok yang dapat menampilkan dan memenuhi
aspek-aspek lahiriyyah dan bathiniyyah, dimana seorang guru harus memiliki
etika yang baik dan sopan terhadap psesrta didik maupun lingkungan sekitarnya.
Kemudian relevansi profesionalisme guru menurut KH. M. Hasyim Asyari
dengan profesionalisme guru diera digital, yaitu KH. M. Hasyim Asyari lebih
menerapkan aspek-aspek lahiriyyah dan bathiniyyah yang mana nantinya dengan
lahiriyyah dan bathiniyyah ini yang akan diterapkan kepada peserta didik. yang
dimana guru lebih menerapkan konsep KH. M. Hasyim Asyari secara lahiriyyah
dan bathiniyyah pada era digital.