Abstract :
Skripsi
ini membahas
mengenai
Analisis strategi pemasaran dalam
menghadapi
persaingan
Antar
Pelaku
Usaha
Laundry.
Analisis
Pokok
permasalahannya adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran Fitri Laundry Kiloan (2)
Apakah strategi pemasaran Fitri Laundry Kiloan mampu menghadapi persaingan. (3)
Apakah yang menjadi faktor kekuatan (strength), Kelemahan (weakness),peluang
(opportunity), ancaman (treats) Fitri Laundry Kiloan untuk menghadapi persaingan.
Masalah dianalisis menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan
keilmuan dalam bidang ilmu ekonomi Islam. Data diperoleh dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran pada Fitri laundry
kiloan yakni Segmentasi Pasar (market segmentation atau segmenting ), strategi
penentuan pasar sasaran (Targeting) ,strategi penentuan posisi pasar (positioning),
produk
(produk),
harga
(price),promosi
(promotion),distribusi
(price).
yang
diterapkan sudah baik meskipun masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi
baik Faktor internal maupun eksternal. Faktor internal yang dihadapi oleh Fitri
Laundry Kiloan yaitu Fitri Laundry kiloan tetap mengutamakan manajemen yang
baik dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan demikian
pelanggan akan puas dan tidak akan beralih ke jasa laundry yang lain. Sedangkan
faktor eksternal yang di hadapi Fitri Laundry Kiloan yaitu Kemajuan teknologi saat
ini tidak dapat dipungkiri, dan sebaiknya pemilik Fitri laundry kiloan memanfaatkan
kemajuan teknologi ini sebagai peluang dalam menghadapi persaingan untuk
meluaskan pangsa pasar.