Abstract :
Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran dalam menghadapi dampak Covid-
19 terhadap omzet penjualan ayam broiler di UD Padila Kab.Bone. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pandemi Covid-19 terhadap omzet
penjualan ayam broiler dan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dalam
menghadapi dampak pandemi Covid-19.
Berdasarkan tujuan tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dampak pandemi Covid-19 terhadap omzet
penjualan ayam broiler UD Padila ada lima aspek menurut Swastha dan Irawan yaitu
kondisi dan kemampuan penjual, modal, kondisi organisasi perusahaan, kondisi pasar,
dan faktor lain. Dari kelima aspek tersebut hanya empat aspek yang terjawab. 2)
Strategi pemasaran dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19 dilakukan
berdasarkan empat aspek menurut Kotler dan Amstrong. Aspeknya antara lain (1)
Produk, (2) Harga, (3) Tempat/distribusi, dan (4) Promosi. Keempat aspek tersebut
dapat dikatakan telah dijalankan dengan cukup baik. Hal tersebut terbukti dengan data
omzet penjualan UD Padila. Selain itu, dalam menjalankan pemasaran telah
memerhatikan prinsip pemasaran Syariah.