Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan pengawas satuan pendidikan
dalam peningkatan mutu pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pemberdayaan pengawas satuan
pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan serta untuk mengetahui konstrinusi
pengawas satuan pendidikan dalam peingkatan mutu pendidikan di Kementerian
Agama Kabupaten Bone.
Dalam menyusun skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian
lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke Kementerian Agama Kabupaten
Bone, dengan cara mengamati objek penelitian yang berhubungan dengan skripsi ini.
Adapun teknik yang digunakan antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu secara kualitatif, metode kualitatif ini
memberikan informasi yang lengkap sehingga bermanfaat bagi perkembangan ilmu
pengetahuan serta lebih banyak diterapkan pada berbagai masalah, dan dalam bentuk
analisis deskriptif kualitatif yakni menganalisis dan mendeskripsikan data yang
terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pemberdayaan pengawas
satuan pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Bone sudah diberdayakan
dengan cukup baik, karena para pengawas selalu mengikuti berbagai kegiatan seperti
seminar dan diskusi, pendidikan dan pelatihan, Workshop, serta mengumpulkan hasil
laporan yang ditemukan di lapangan sehingga mereka dapat melatih kemampuan
dalam menjalankan tugas dan kewenangannya sebagai pengawas. Kedua, konstribusi
pengawas satuan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di Kementerian
Agama Kabupaten Bone cukup baik, cara yang digunakan yaitu memenuhi sumber
daya manusia yang baik dengan bimbingan dan berbagai kegiatan pelatihan, memberi
motivasi, Mentransformasikan multi jenis masukan dan situasi untuk mencapai
derajat nilai tambah tertentu bagi siswa. Mengikutkan siswa dalam berbagai kegiatan
untuk dapat menghasilkan siswa lulusan berprestasi baik dalam bidang akademik
mapun ekstrakurikuler