Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2017-05-29 05:24:11
Abstract :
Penelitian tentang pengembangan profesionalitas guru di MTs. As’adiyah Pengkendekan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi
partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Wujud data adalah kata-kata,catatan, laporan, dan dokumen yang diperoleh dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru, dan Karyawan MTs. As’adiyah Pengkendekan. Teknik analisis
data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan
keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan kehadiran peneliti, pengamatan
terus-menerus dan cermat, serta teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai
sumber, metode dan teori.Dari penelitian ini diketahui gambaran umum MTs. As’adiyah
Pengkendekan, bentuk-bentuk pengembangan profesionalitas guru yang dilakukan,
yang meliputi: rekrutmen, pendidikan dan pelatihan, monitoring dan supervisi serta
sertifikasi guru, dan implementasi manajemen mutu dalam pengembangan profesionalitas guru di madrasah tersebut yaitu melalui perencanaan mutu guru
madrasah, pelaksanaan mutu guru madrasah dan pengendalian mutu guru madrasah.
Semua itu dilakukan sebagai upaya pengembangan sumber daya guru menuju
profesionalitas guru yang dimiliki MTs. As’adiyah Pengkendekan.Dari penelitian ini, ditemukan tesis bahwa manajemen mutu sangat efektif diterapkan di MTs ini, mengingat tingkat pendidikan guru-guru di MTs ini rata-rata
strata satu (S1) dan ada juga guru yang berijazah S2, disamping upaya peningkatan
profesionalitas guru intens dilakukan Kepala Madrasah sesuai dengan cara dan
pemahamannya.