Abstract :
Skripsi ini membahas pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
mandiri terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di
SMAN 2 Sinjai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan
internet peserta didik, motivasi belajar matematika peserta didik, serta untuk
mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mandiri terhadap
motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SMAN 2 Sinjai
Selatan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex post
facto. Populasi dalam penelitian ini adalah pesera didik kelas XII IPA SMAN 2 Sinjai
Selatan yang berjumlah 46 pesera didik dengan teknik sampling yaitu sampel jenuh.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pemanfaatan internet dan
skala motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk
pemanfaatan internet berada pada kategori rendah, dengan persentase tinggi 28%,
sedang 31%, dan rendah 41% . Untuk motivasi belajar peserta didik berada pada
kategori tinggi, dengan persentase tinggi 41%, sedang 39%, dan rendah 20%. Adapun
hasil analisis statistik inferensial diperoleh F hitung= 41,081%; dan Ftabel= 3,094, bararti Fhitung > Ftabel jadi H0 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mandiri terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di SMAN 2 Sinjai
Selatan, sumbangsinya sebesar 48,1%.