Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2017-06-21 04:05:55
Abstract :
Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pelaksanaan
kode etik guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA IMMIM Putri
Minasate’ne Pangkep. Pokok masalah tersebut kemudian diturunkan dalam
beberapa sub masalah atau pertanyaan penelitian, yaitu: 1) Bagaimana gambaran
pelaksanaan kode etik guru di SMA IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep? 2)
Bagaimana realitas prestasi belajar peserta didik di SMA IMMIM Put ri
Minasate’ne Pangkep? 3) Apakah terdapat pengaruh signifikan pelaksanaan kode
etik guru terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA IMMIM Put ri
Minasate’ne Pangkep?
Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif deskriptif dengan pendekatan
penelitian yang digunakan adalah pendekatan cross sectional approach. Adapun
populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XII SMA IMMIM Putri Minasate’ne
Pangkep dan sampel yang diambil adalah sampel jenuh yaitu seluruh kelas XII di
SMA IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep. Selanjutnya metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian teknik
pengolahan dan analisis data dilakukan melalui dua tahap yaitu analisis deskriptif
dan analisis inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 57,45% peserta didik mendapat
nilai tertinggi yang artinya prestasi peserta didik yang dilihat dari nilai rapor
tergolong baik. Kemudian pelaksanaan kode etik berjalan sesuai dengan yang
diharapkan, dari hasil analisis deskriptif 65,96% peserta didik yang memberikan
jawaban yang termasuk dalam kategori sedang. Jadi, dapat dikatakan bahwa
pelaksanaan kode etik guru sudah cukup baik. Hasil uji hipotesis mengatakan
bahwa terdapat pengaruh kode etik guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA
IMMIM Putri Minasate’ne Pangkep.
Implikasi penelitian ini yaitu pelaksanaan kode etik guru yang telah
ditetapkan dan dibuat sebelumnya supaya bisa lebih ditingkatkan kemudian
dipertahankan agar lebih memajukan prestasi peserta didik dan bisa memotivasi
peserta didik untuk terus berkembang dan menjadi diri sendiri.