Abstract :
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana gambaran
kepemimpinan kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba,
(2) bagaimana gambaran iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di
Bulukumba, (3) bagaimana gambaran kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di
Kabupaten Bulukumba, (4) apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala
madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten
Bulukumba, (5) apakah terdapat pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru pada
Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (6) apakah ada hubungan
kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di
Kabupaten Bulukumba, dan (7) apakah terdapat pengaruh kepemimpinan kepala
madrasah dan iklim madrasah secara bersama-sama terhadap kinerja guru pada
Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba.
Penelitian ini bertujuan untuk yaitu: (1) mengetahui gambaran kepemimpinan
kepala madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba, (2) mengetahui
gambaran iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba,
(3) mengetahui gambaran kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten
Bulukumba, (4) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap
kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, (5) mengetahui
pengaruh iklim madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di
Kabupaten Bulukumba, (6) mengetahui hubungan kepemimpinan kepala madrasah
dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba, dan
(7) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara
bersama-sama terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten
Bulukumba.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif,
pendekatan paedagogik, dan pendekatan sosial. Metode pengolahan data digunakan
statistik deskriptif dan infrensial. Populasi penelitian adalah seluruh guru pada dua
MAN di Kabupaten Bulukumba berjumlah 105 orang yang terdiri atas guru MAN
Bulukumba sebanyak 58 orang dan guru MAN Tanete sebanyak 47 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan probabilty sampling dengan teknik simple
random sampling ditentukan dengan menggunakan Nomogram Harry King dengan
tingkat kesalahan 5%. Jumlah sampel yang dipilih sebanyak 85 orang yang terdiri
atas MAN Bulukumba sebanyak 47 orang dan MAN Tanete sebanyak 38 orang.
Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa menurut
guru kepemimpinan kepala madrasah termasuk kategori baik dengan rata-rata skor
71,20% dari skor ideal, iklim madrasah termasuk kategori cukup dengan rata-rata
skor 65,10% dari skor ideal, dan kinerja guru termasuk kategori baik dengan skor
rata-rata 68,66% dari skor ideal. Hasil pengujian hipotesis berdasarkan analisis data
dari empat hipotesis yaitu: (1) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap
kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bulukumba signifikan
dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan Thitung
(1/2α, n-k-1) = 2,000. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 18,106 + 0,740X1
, nilai 0,740
menandakan pengaruh ini arahnya positif. Besarnya nilai kontribusi variabel
kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru 63,20%, (2) pengaruh iklim
madrasah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten
Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan
Thitung
11,928 ≥ Ttabel
(1/2α, n-k-1) = 2,000. Persamaan regresi diperoleh Ŷ= 26,222 +
0,2825X2
, nilai 0,2825 menandakan pengaruh ini arahnya positif. Besar nilai
kontribusi variabel iklim madrasah terhadap kinerja guru 63,40%, (3) hubungan
kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah pada Madrasah Aliyah Negeri di
Kabupaten Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas
α=0,05, dan (4) pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan iklim madrasah secara
bersama-sama terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten
Bulukumba signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 < nilai probabilitas α=0,05 dan
Fhitung
81,915 ≥ Ftabel
11,928 ≥ Ttabel
=2,72 dengan dk pembilang 2. Persamaan regresi diperoleh
Ŷ= 17,124 + 0,383X1
+ 1,513X2
, nilai 0,383 dan 1,513 menandakan pengaruh ini
arahnya positif. Besar nilai kontribusi variabel kepemimpinan kepala madrasah dan
iklim madrasah bersama-sama terhadap kinerja guru 66,6%. Hasil pengujian hipotesis
dari empat hipotesis menunjukkan bahwa keempat hipotesis tersebut memperoleh
nilai sig < α=0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan
terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan kepala madrasah dan
iklim madrasah terhadap kinerja guru pada madrasah Aliyah Negeri di Bulukumba,
baik dilihat secara parsial maupun secara simultan.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepala madrasah perlu meningkatkan
kepemimpinannya yaitu: (1) pem