Abstract :
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana motivasi belajar
aqidah akhlak peserta didik sebelum penerapan model pembelajaran role playing
kelas VIII-1 di MTs. Negeri Balang-balang Gowa? Bagaimana motivasi belajar
aqidah akhlak peserta didik sesudah penerapan model pembelajaran role playing
kelas VIII-1 di MTs. Negeri Balang-balang Gowa? Apakah model pembelajaran
role playing dapat meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak kelas VIII-1 di
Sekolah MTs. Negeri Balang-Balang Gowa?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design. Sedangkan
desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design.
Penelitian ini menggunakan kelas percobaan tanpa kelas pembanding yang
sebelum perlakuan diberikan tes awal (pretest) untuk memperoleh data motivasi
peserta didik, kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan model
pembelajaran role playing dan pada pertemuan akhir diberikan tes akhir (posttest).
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di sekolah
MTs. Negeri Balang-Balang Gowa yaitu 209 orang, dengan sampel kelas VIII-1
dengan jumlah peserta didik 34 orang.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan
analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif
diperoleh rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas VIII-1 pada mata pelajaran
aqidah akhlak pretest yaitu 68,00 dan rata-rata motivasi belajar peserta didik kelas
VIII-1 pada mata pelajaran aqidah akhlak posttest yaitu 74,38. Sedangkan
berdasarkan hasil statistik inferensial diperoleh Sig. (2-tailed) < 0,05 yakni 0,000
< 0,05, sehingga di dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran role playing dapat meningkatkan motivasi belajar peserta
didik kelas VIII-1 di sekolah MTs. Negeri Balang-Balang Gowa. Oleh karena itu,
hipotesis dalam penelitian ini dapat dikatakan terbukti.