Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Datestamp
2017-04-13 07:25:04
Abstract :
Tesis ini membahas tentang pengaruh motivasi dan kedisiplinan di MTs DDI
Majene yang berkaitan dengan prestasi belajar peserta didik kelas VII. Pokok
permasalahan adalah (1) apakah terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar
peserta didik kelas VII MTs DDI Majene (2) apakah terdapat pengaruh kedisiplinan
terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII MTs DDI Majene, dan (3) apakah
terdapat pengaruh motivasi dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi
belajar peserta didik kelas VII MTs DDI Majene.
Jenis penelitian ini adalah merupakan metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah
peserta didik kelas VII yaitu 62 orang. Pada penelitian ini proses pengambilan sample
dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh artinya peneliti mengambil semua
populasi sebagai objek yang diteliti. Oleh karena subjeknya kurang dari 100 orang,
maka diambil semuanya sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS diketahui nilai
signifikansi untuk variable motivasi sebesar 60,73% sehingga dapat disimpulkan
bahwa antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MTs DDI
Majene mempunyai pengaruh, atau Ha diterima. Sedangkan variabel kedisiplinan
belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 62,72% sehingga dapat disimpulkan bahwa
antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik MTs DDI Majene
mempunyai pengaruh, atau Ha diterima.
Adapun hasil pengujian secara simultan diketahui nilai signifikansi sebesar
2,1009 sehinga dapat disimpulkan terdapat pengaruh anatara motivasi dan
kedisiplinan belajar terhadap prestasi belaja peserta didik kelas VII MTs DDI
Majene, atau Ha diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui bahwa
besarnya pengaruh antara X
1
dan X
terhadap Y sebesar 66,01%. Sedangkan sisanya
sebesar 33,99% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.