DETAIL DOCUMENT
Penerapan Metode Menghafal dan Hambatannya dalam Pembelajaran al-Qur'an Hadis di MI As'Adiyah No. 232 Ponkeru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur
Total View This Week19
Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author

Subject
371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2018-01-22 02:11:05 
Abstract :
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Sistem penerapan metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MI As’Adiyah No.232 Pongkeru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, yakni: Guru menjelaskan tentang metode menghafal, yaitu guru memberi komentar atau menjelaskan kepada siswa mengenai metode menghafal yang akan dilakukan yaitu menjelaskan secara teoritis mengenai metode menghafal, dan langkah-langkah selanjutnya untuk dilakukan. Guru menentukan ayat dan hadis yang akan dihafal, yakni membicarakan atau menentukan ayat-ayat atau hadis yang akan dihafal. Melakukan hafalan, yakni siswa menghafal yang dilakukan dengan cara berkelompok atau secara individu. Tes untuk menguji pemahaman siswa (Evaluasi), yakni: guru mengadakan tes kepada siswa mengenai hasil atau pemahaman mereka tentang hafalan ayat/hadis yang telah dilakukan. Para siswa diberi kesempatan untuk menjelaskan dan menghafal kembali ayat-ayat/hadis yang telah ditetapkan sebagai materi hafalan. Hambatan-hmbatan yang ditemui penerapan metode menghafal dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di MI As’Adiyah No.232 Pongkeru Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur, yakni: Anak-anak mudah lupa materi ajar Al-Qur’an Hadis dan sebagian anak enggan menghafal. Adapun Upaya mengatasi hambatan penerapan metode menghafal dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis di MI As’Adiyah No. 232 Pongkeru, yakni: Bimbingan untuk selalu mengulangi hafalan, yakni guru membimbing siswa agar selalu mengulangi kembali hafalan al-Qur’an Hadis yang telah dihafal atau yang telah diajarkan dan memberi sanksi anak yang tidak menghafal beberapa Ayat/Hadis. 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Alauddin