Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
Datestamp
2018-01-23 05:51:43
Abstract :
Hasil penelitian yaitu (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two pada peserta didik kelas VIII-5 MTsN I Makassar mencakup: tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan refleksi; (2)
hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas VIII-5 MTsN I Makassar pada siklus I
mencapai nilai ideal, skor tertinggi yaitu 80 dan skor terendah yang dicapai adalah 50,
skor rata-rata adalah 65,5%. Nilai tersebut berada pada kategori cukup. Siklus II
mencapai skor ideal yaitu dengan skor tertinggi adalah 95 dan skor terendah yang
dicapai adalah 60, skor rata- rata mencapai 85 % berada pada kategori baik sekali; (3)
peningkatan hasil belajar akidah akhlak melalui model pembelajaran kooperatif tipe
the power of two pada peserta didik kelas VIII-5 MTsN I Makassar melalui hasil tes
menunjukan peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata- rata
peserta didik dari siklus I yaitu, 65,5% meningkat menjadi 85% pada siklus II, berarti
mengalami peningkatan 19,5 %, dan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I
terdapat 18 orang yang berada pada kategori tuntas dengan presentase 45%, pada
siklus II meningkat menjadi 37 orang dengan presentase 92,5 %, berarti mengalami
peningkatan 47,5 %.