Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
Datestamp
2018-03-20 00:49:54
Abstract :
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penerapan teori belajar Operant
Conditioning sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat, data yang
diperoleh melalui tes hasil belajar pada materi pokok adab terpuji terhadap orang tua dan
guru dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis
deskriptif menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 70 dengan standar deviasi 12,12
sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-ratanya adalah 77.92 dengan standar deviasi
adalah 11,82 dengan ketuntasan sebesar 69,44% untuk kelas control dan 81,08% untuk kelas
eksperimen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh nilai t=7,09 dan t
tabel t= 2,72 pada taraf signifikan α = 0,01 dengan db = 36, dimana t yang berarti H1
diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan teori belajar Behaviorisme hitung-hitung > t tabel melalui pemanfaatan bahan ajar modul Akidah Akhlak meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Makassar.