Institusion
Universitas Islam Negeri Alauddin
Author
Subject
611 Anatomi Manusia, Biologi Sel, Biologi Jaringan
Datestamp
2017-05-03 05:15:07
Abstract :
Skripsi ini membahas tentang pengembangan instrumen penilaian kinerja
yang merupakan alat yang digunakan untuk mengukur keterampilan peserta didik
dalam mendemostrasikan pemahaman dan mengaplikasikan pengetahuan yang
mendalam terhadap materi ajar. Rumusan masalah penelitian ini ada dua adalah
bagaimana mengembangkan instrumen penilaian praktikum pada mata pelajaran
biologi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Makassar dan bagaimana bentuk instrumen
penilaian praktikum yang valid dan praktis serta dapat digunakan pada kegiatan
praktikum mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA Negeri 16 Makassar. Tujuan
pengembangan instrumen penilaian praktikum mengetahui cara mengembangkan
Instrumen penilaian praktikum pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMA
Negeri 16 Makassar, mendapatkan instrumen penilaian praktikum pada mata
pelajaran biologi yang valid dan praktis pada siswa kelas XI SMA Negeri 16
Makassar.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development),
dengan menggunakan model pengembangan 4D dengan 4 tahap pengembangan yaitu
define (tahap pendefenisian), design (tahap perancangan), develop (tahap
pengembangan) dan desseminate (tahap penyebaran). dengan tujuan untuk
mendapatkan gambaran bagaimana cara mengembangkan instrumen penilaian
praktikum ini.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 16
Makassar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
data deskriptif. Berdasarkan hasil uji coba kevalidan instrumen yang dikembangkan
berada pada kategori valid dengan nilai rata-rata semua aspek penilaian 3,5,
ditunjukkan dari hasil validasi para ahli yang terdiri dua validator. Selain itu
diperoleh respon positif terhadap pengembangan perangkat penilaian, hal ini
ditunjukkan oleh hasil angket yang diberikan oleh guru, yang menunjukkan bahwa
85% guru telah memberikan tanggapan yang positif terhadap instrumen praktikum
pada mata pelajaran biologi peserta didik, dan setelah diuji coba instrumen
menunjukkan nilai peserta didik dalam kategori tinggi. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa instrumen dalam kategori valid.