Institusion
Universitas Katolik Darma Cendika
Author
Hilarius, Rafenda Chrisdian Perdana
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2022-01-21 07:26:17
Abstract :
Loyalitas terhadap jenis sepeda motor merupakan suatu sikap yang baik atau positif terhadap suatu jenis yang menghasilkan pembelian yang konsisten pada jenis tersebut, ukuran ini memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya
seorang pelanggan beralih ke jenis lain, terutama jika pada jenis tersebut ada perubahan, baik menyangkut harga, kenyamanan saat dipakai berkendara, dan sparepart yang lebih modern.Loyalitas jenis dapat memberikan nilai kepada perusahaan yaitu dapat mengurangi biaya pemasaran, meningkatkan perdagangan, menarik konsumen baru, dan memberi waktu untuk merespons ancaman persaingan. Berpindahnya minat
konsumen ini tidak dapat ditentukan secara pasti. Maka dari itu, untuk memprediksi probabilitas perpindahan yang
kemungkinan dilakukan para konsumen yaitu pergantian dari
satu merek ke merek lain digunakan suatu model yang disebut
dengan Markov Chains (Rantai Markov). Pada hasil perhitungan di dapatlah prosentase sebuah marketing variable yang mempengaruhi konsumen menentukan keputusan saat melakukan pembelian sepeda motor kelas sport 150cc, mengetahui pengguna sepeda motor dengan merk tertentu yang paling loyal, memprediksi pangsa setiap merk dalam beberapa periode, serta mengetahui marketing variables yang menjadi
pertimbangan utama konsumen, sehingga dapat menjadi saran
produsen motor untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas konsumennya. Hasil dari penelitian ini yaitu mendapatkan tingkat loyalitas dari pengguna sepeda motor merk Honda dengan nilai probabilitas sebesar 0,4265, serta marketing tertinggi yang menjadi pertimbangan utama yang dipilih responden saat memilih sepeda motor saat ini