Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
GRANITA, AGUSTINA WAHYU
Sri, Wahyuni
Marisa, Elsera
Subject
361.1 Social Problems/Permasalahan Sosial, Masalah Sosial
Datestamp
2021-07-22 08:52:54
Abstract :
Mengenai aktifitas di pasar khususnya bagi masyarakat suku laut yang ada
di Kelurahan Kawal, mereka dapat diakatakan cukup mengedepankan nilai efisiensi
waktu. Keunikan yang paling menonjol dari proses interaksi sosial yang terjadi di
pasar tradisional ini adalah keberadaan masyarakat suku laut di dalamnya. Dari
sinilah kemudian lahir persepsi para pedagang maupun pembeli (masyarakat lokal)
terhadap masyarakat suku laut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat
terhadap interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat suku laut di pasar
tradisional Kawal-Kangka Kecamatan Gunung Kijang. Dengan demikian, tujuan
penelitian ini adalah dapat menjelaskan, mengidentifikasi, mengolah dan
menganalisis bagaimana bagaimana persepsi masyarakat dalam berinteraksi sosial
dengan masyarakat suku laut yang terjadi di pasar tradisional Kawal-Kangka.
Subjek penelitian ini adalah masyarakat suku laut yang ada di Kampung Kawal
Pantai Kecamatan Gunung Kijang. Selanjutnya yang menjadi objek dalam
penelitian ini adalah persepsi masyarakat sekitar (pedagang maupun pembeli). Jenis
penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian
berjumlah 12 (dua belas) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan
teknik deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menemukan bahwa hubungan yang terjalin sudah mencapai
taraf hubungan kemasyarakatan pada umumnya. Artinya, keberadaan masyarakat
suku laut di Pasar Kawal-Kangka tidak dianggap sebagai orang asing atau tidak10
dianggap sebagai keadaan yang berbeda. Masyarakat suku laut mampu berbaur
dengan norma-norma yang selama ini diterapkan masyarakat lokal, sehingga
keberadaan mereka di Pasar itu pun tidak menjadikan sesuatu hal yang berbeda.
Walau jika dilihat secara seksama, pemandangan seperti di Pasar Kawal-Kangka
dimana terdapat masyarakat suku laut di dalamnya memang jarang ditemui di Pasar
Tradisional lainnya. Sifat dan karakter masyarakat suku laut menyerupai karakter
masyarakat Timur Indonesia yang sangat penuh tatakrama ketika berbaur dengan
masyarakat di luar komunitas mereka. Masyarakat suku laut di sini saat berbelanja
pun begitu senang menegur orang di sekitarnya dan selalu memberikan senyuman.
Pada akhirnya, persepsi yang dilahirkan dari interaksi sosial yang terjadi merupakan
persepsi yang baik.
Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Interaksi Sosial, Masyarakat Suku Laut