Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Fani Setia, Wirawan
Nina, Adriani
Inelda, Yulita
Subject
371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Datestamp
2021-07-23 03:05:25
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil penilaian diri,
teman sejawat dan observer dalam menilai kinerja siswa. Penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui rata-rata kinerja siswa dalam setiap instrumen serta
mengetahui respon siswa terhadap penggunaan instrumen pada materi larutan
elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
metode komparatif. Populasi sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X1
Farmasi berjumlah 24 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu
Cluster Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar penilaian diri,
teman sejawat, observasi, angket dan wawancara untuk mengetahui lebih
mendalam permasalahan yang terjadi pada peserta didik. Hasil analisis diperoleh
data perbedaan penilaian diri, penilaian teman sejawat dan observer bernilai
sebesar asymp. sig 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan penilaian.
Persentase rata-rata kinerja siswa yang sesuai dari penilaian diri, penilaian teman
sejawat dan observer terdiri dari 12,5% siswa dengan kategori baik, 25% siswa
kategori cukup dan 62.5% siswa dengan kategori kurang. Kemudian persentase
angket respon dari masing-masing siswa terhadap penggunaan penilaian diri dan
teman sejawat yang terungkap sangat baik, yaitu rata-rata mencapai nilai diatas
90%.