Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Fauzizah Eka, Destiana
Eka Putra, Ramdhani
Inelda, Yulita
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 03:07:47
Abstract :
Kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk ke dalam kemampuan beragumen,
pemecahan masalah, berpikir kritis, kemampuan mengambil keputusan dan
kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mampu ditingkatkan
dalam proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif
kelas eksperimen dengan model project based learning dan kelas kontrol dengan
model konvensional pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis
penelitian yang digunakan ialah quasi experiment design dengan desain yang
digunakan ialah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Tanjungpinang yang terbagi dari 10 kelas
yaitu 5 kelas mipa dan 5 kelas ips. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster
sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan
berpikir kreatif, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan produk kreatif.
Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan taraf sig.
5% atau (? = 0,05), diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya
H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut adanya perbedaan peningkatan kemampuan
berpikir kreatif kelas eksperimen dengan model project based learning dan kelas
kontrol dengan model konvensional.