DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X SMAN 4 TANJUNGPINANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Fauzizah Eka, Destiana
Eka Putra, Ramdhani
Inelda, Yulita
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-23 03:07:47 
Abstract :
Kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk ke dalam kemampuan beragumen, pemecahan masalah, berpikir kritis, kemampuan mengambil keputusan dan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif mampu ditingkatkan dalam proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dengan model project based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi experiment design dengan desain yang digunakan ialah nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 4 Tanjungpinang yang terbagi dari 10 kelas yaitu 5 kelas mipa dan 5 kelas ips. Teknik sampling yang digunakan ialah cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan produk kreatif. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan taraf sig. 5% atau (? = 0,05), diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dengan model project based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji