Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Hamidah, Hamidah
Nur, Izzati
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 03:25:32
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar
matematika siswa kelas X IPA SMA Negeri 6 Tanjungpinang yang belajar melalui
model pembelajaran Anchored Instruction (AI) lebih tinggi daripada yang belajar
melalui model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dan desain
penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Adapun sampel dalam penelitian
ini yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas
kontrol yang ditentukan dengan teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini yaitu dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan deskripsi data, gain ternormalisasi, uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa
yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Anchored Instruction
lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.