Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Hamzah, Yuliandie
Nur Eka Kusuma, Hindrasti
Trisna, Amelia
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-23 03:33:08
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pertanyaan siswa
berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi di SMPN 5 Bintan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data
penelitian diperoleh melalui lembar analisis pertanyaan siswa dan wawancara
guru dan siswa,. Lembar analisis pertanyaan siswa digunakan untuk mencatat
pertanyaan siswa pada saat pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil analisis
diketahui bahwa jumlah pertanyaan siswa yang dikategorikan berdasarkan
Taksonomi Bloom Revisi pada ranah kognitif tingkat C1 (Mengingat) terdapat 7
pertanyaan dengan persentase (20%), tingkat C2 (Memahami) terdapat 13
pertanyaan dengan persentase (40%), C3 (Mengaplikasi) terdapat 7 pertanyaan
dengan persentase (20%), C4 (Menganalisis) terdapat 4 pertanyaan dengan
persentase (11%), C5 (Mengevaluasi) terdapat 3 pertanyaan dengan persentase
(9%), tingkat C6 (Mencipta) terdapat 1 pertanyaan dengan persentase (3%).
Dimensi pengetahuan level faktual yaitu diajukan oleh siswa sebanyak 5 orang
siswa dengan persentase 14% dari total siswa yang bertanya. Pertanyaan level
konseptual yaitu dengan jumlah 24 orang siswa yaitu dengan persentase 67% dari
total siswa yang bertanya. Pertanyaan dengan level prosedural yaitu dengan
jumlah 4 orang siswa yaitu dengan persentase 11% dan pertanyaan level
metakognitif dengan jumlah 2 orang siswa yaitu dengan persentase 6%