Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Bintan Syahputra, Anggit
Iranita, Iranita
Roni, Kurniawan
Subject
910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Datestamp
2021-07-23 04:29:05
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Service Encounter dan
Perceived Value terhadap Behavioral Intention dengan Kepuasan Pengunjung
sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan pada pengunjung Madu Tiga
Beach& Resort dengan jumlah responden 102 Pengunjung. Penelitian ini
menggunakan teknik purposive random sampling dan menggunakan rumus Slovin
untuk penentuan sampel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan teknik analisis data deskriptif, analisis jalur, uji asumsi klasik, uji
kualitas data dan uji Hipotesis. Data yang diolah menggunakan program IBM
SPSS Statistic 25. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa (H1) service
encounter secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, (H2)
perceived value secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan,
(H3) service encounter dan perceived value tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan secara simultan, (H4) service encounter secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap behavioral intention, (H5) perceived value secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention, (H6) service encounter dan
perceived value secara simultan berpengaruh signifikan terhadap behavioral
intention, (H7) kepuasan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
behavioral intention, (H8) serta kepuasan dinilai belum dapat berpengaruh secara
signifikan memediasi hubungan antara service encounter terhadap behavioral
intention, (H9) dan hasil yang sama juga didapat antara perceived value terhadap
behavioral intention dengan tidak mempengaruhi kepuasan secara signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian, Madu Tiga Beach and Resort diharapkan dapat terus
untuk meningkatkan behavioral intention dan kepuasan pengunjung dengan cara
memperhatikan faktor yang menjadi pendukung dari service encounter dan
perceived value