Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Julia, Jelita
Gatot, Subroto
Muhammad, Candra
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 10:49:19
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik small
group interaction pada pemahaman membaca. Metode yang digunakan adalah metode
kuantitatif dimana data disajikan secara numerik dan diuji dengan rumus statistik t test. Desain penelitian adalah desain kuasi-eksperimental yang melibatkan 36 siswa di
X Nautika II Kapal Niaga sebagai eksperimental dan 36 siswa di X Nautika I Kapal
Niaga sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimental diajarkan dengan menggunakan
teknik Small Group Interaction dan kelas kontrol diajarkan dengan teknik cooperative
script. Peneliti memberikan pre-test sebelum kegiatan pembelajaran. Setelah kegiatan
belajar mengajar selesai, peneliti memberikan post-test untuk mengetahui skor
pemahaman membaca siswa. Skor pre-test dan post-test dianalisis dengan uji statistik
deskriptif. Kemudian, data diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis. Dari penelitian ini, dapat dilihat bahwa skor rata -rata kelas eksperimental
adalah 76,25 sedangkan skor rata-rata kelas kontrol adalah 61,67. Nilai t -observasi
adalah 6,87 sedangkan t-tabel signifikan 0,05 dan df 70 adalah 1,66. Ini berarti bahwa
t-observasi lebih tinggi dari t-tabel. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan
hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil uji-t dan perbedaan antara nilai ratarata kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa teknik small group
interaction memiliki efektivitas yang signifikan terhadap kemampuan membaca pada
siswa kelas sepuluh di SMK N 5 Tanjungpinang