DETAIL DOCUMENT
THE EFFECTIVENESS OF USING SMALL GROUP INTERACTION ON READING COMPREHENSION AT SMK N 5 TANJUNGPINANG (Experimental Study at the Tenth Grade of SMK N 5 Tanjungpinang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Julia, Jelita
Gatot, Subroto
Muhammad, Candra
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-23 10:49:19 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik small group interaction pada pemahaman membaca. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dimana data disajikan secara numerik dan diuji dengan rumus statistik t test. Desain penelitian adalah desain kuasi-eksperimental yang melibatkan 36 siswa di X Nautika II Kapal Niaga sebagai eksperimental dan 36 siswa di X Nautika I Kapal Niaga sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimental diajarkan dengan menggunakan teknik Small Group Interaction dan kelas kontrol diajarkan dengan teknik cooperative script. Peneliti memberikan pre-test sebelum kegiatan pembelajaran. Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peneliti memberikan post-test untuk mengetahui skor pemahaman membaca siswa. Skor pre-test dan post-test dianalisis dengan uji statistik deskriptif. Kemudian, data diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari penelitian ini, dapat dilihat bahwa skor rata -rata kelas eksperimental adalah 76,25 sedangkan skor rata-rata kelas kontrol adalah 61,67. Nilai t -observasi adalah 6,87 sedangkan t-tabel signifikan 0,05 dan df 70 adalah 1,66. Ini berarti bahwa t-observasi lebih tinggi dari t-tabel. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil uji-t dan perbedaan antara nilai ratarata kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa teknik small group interaction memiliki efektivitas yang signifikan terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas sepuluh di SMK N 5 Tanjungpinang 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji