Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Lisna Sri Hartati, Panggabean
Linda, Rosmery
Febrian, Febrian
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 11:00:35
Abstract :
Matematika masih dianggap sulit bagi kebanyakan siswa. Hal itu
menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah.
Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang tepat.
Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswaa antara yang mendapatkan model pembelajarankonvensional dan
siswa yang mendapat model pembelajaran AIR. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian,
dan lembar observasi. Materi yang digunakan adalah Barisan dan Deret Aritmetika.
Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X TJK di SMK N 1 Tanjungpinang
tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas yang dipilih yaitu kelas X TKJ 1,X
TKJ 2,X TKJ 3. Dari hasil penelitian, diperoleh peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika pada kelas AIR mendapatkan peningkatan. Model
pembelajaran AIR menghasilkan respon yang sama yaitu tergolong baik.