Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nur Asti Nadiah, Siregar
Fitriah, Khoirunnisa
Eka Putra, Ramdhani
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 13:02:14
Abstract :
Pengembangan modul elektronik terintegrasi Multiple Representation pada materi Ikatan
Kimia dikembangkan sebagai tahapan pada siswa dengan tujuan dapat memudahkan bagi
para siswa untuk jauh lebih mengetahui dan memahami mata pelajaran kimia khususnya
pada materi Ikatan Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan modul
elektronik terintegrasi multiple representation pembelajaran kimia SMA pada materi ikatan
kimia; 2) mengetahui tingkat validasi modul elektronik terintegrasi multiple representation
untuk pembelajaran kimia SMA pada materi ikatan kimia; 3) mengetahui praktikalitas guru
dan siswa mengenai modul elektronik terintegrasi multiple representation untuk
pembelajaran kimia SMA pada materi ikatan kimia; 4) mengetahui efektivitas dari modul
elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimi a. Jenis
pengembangan ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan
model 4D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan),
dan Disseminate (penyebaran), Pengumpulan data dilakukan kepada guru dan siswa SMA
Negeri 1 Tanjungpinang. Hasil validasi ahli materi dan ahli media terhadap modul
elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimia adalah 93% dan
82% dengan kriteria sangat valid dan layak diujicobakan kepada guru dan siswa. Hasil
praktikalitas guru dan siswa terhadap modul elektronik terintegrasi multiple representation
pada materi ikatan kimia adalah 90% dan 95% dengan kriteria sangat praktis. Hasil
efektivitas N-Gain pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol
sebesar 0,3 dengan kategori rendah dan kelas eksperimen sebesar 0,6 kategori sedang, serta
hasil independent t-test pada Sig. (2-tailed ) sebesar 0,047 < 0,05 yang berarti terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan
hasil penelitian yang didapat bahwa modul elektronik terintegrasi multiple representation
pembelajaran kimia SMA pada materi ikatan kimia layak , praktis, dan efektif digunakan
dalam proses pembelajaran