DETAIL DOCUMENT
KOMPARASI KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUAL PADA MATERI ASAM BAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Okta Renal, Vidona
Rayandra, Asyhar
Ardi Widhia, Sabekti
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-23 13:34:00 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning antara yang menggunakan laboratorium riil dan yang menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA I dan XI IPA II SMA Negeri 4 Tanjungpinang dengan jumlah masing-masing kelas 34 siswa. Proses analisis data dilakukan dengan uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis independent samples test menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada nilai N-Gain persen keterampilan proses sains diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,558 lebih besar dari 0,05 sehingga keputusan hipotesis ialah terima H0. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning antara yang menggunakan laboratorium riil dan yang menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa. Pada kedua kelas diberikan kegiatan laboratorium yang berbeda namun kesimpulan yang didapat pada setiap materi adalah sama. Kesamaan dalam mendapatkan hasil kesimpulan akan memberikan pemahaman yang sama pula. Sehingga kemampuan siswa yang belajar dengan menggunakan laboratorium riil maupun laboratorium virtual akan cenderung sama 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji