Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Okta Renal, Vidona
Rayandra, Asyhar
Ardi Widhia, Sabekti
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 13:34:00
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan
proses sains dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning antara
yang menggunakan laboratorium riil dan yang menggunakan laboratorium virtual
pada materi asam basa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
quasi eksperimen dengan rancangan penelitian non equivalent control group
design. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA I dan XI IPA II SMA Negeri 4
Tanjungpinang dengan jumlah masing-masing kelas 34 siswa. Proses analisis data
dilakukan dengan uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis
independent samples test menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji
hipotesis pada nilai N-Gain persen keterampilan proses sains diperoleh nilai
signifikansi sebesar 0,558 lebih besar dari 0,05 sehingga keputusan hipotesis ialah
terima H0. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan
pada keterampilan proses sains dengan menggunakan model pembelajaran
discovery learning antara yang menggunakan laboratorium riil dan yang
menggunakan laboratorium virtual pada materi asam basa. Pada kedua kelas
diberikan kegiatan laboratorium yang berbeda namun kesimpulan yang didapat
pada setiap materi adalah sama. Kesamaan dalam mendapatkan hasil kesimpulan
akan memberikan pemahaman yang sama pula. Sehingga kemampuan siswa yang
belajar dengan menggunakan laboratorium riil maupun laboratorium virtual akan
cenderung sama