Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Regina, Rahmadiyanti
Legi, Elfitra
Indah, Pujiastuti
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 23:52:30
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya
Efektivitas Model Pembelajaran Open Ended Problem (Problem Terbuka) Terhadap
Kemahiran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 10 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Model Pembelajaran Open
Ended Problem (ProblemTerbuka) merupakan pembelajaran yang menyajikan
permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa
beragam. Pembelajaran ini melatih dan menumbuhkan orisinalitas ide, krea tivitas,
kognitif tinggi, kritis, komunikasi-interaksi, sharing, keterbukaan, dan sosialisasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Negeri 10 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 62 siswa yang di ambil dengan teknik simple random sampling. Besaran
sampel di ambil dengan menggunakan rumus slovin. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode pra-eksperimen one group pretest-posttest.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Open Ended
Problem (Problem Terbuka) untuk nilai pretest kemahiran menulis teks persuasi
memperoleh kategori C ?Sedang?, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu
64,5, sedangkan untuk nilai posttest kemahiran menulis teks persuasi memperoleh
kategori B ?Baik?, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata -rata yaitu 74,5. Jadi
berdasarkan penghitungan uji N-Gain, peneliti memperoleh persentase sebesar
13,9%, sedangkan berdasarkan tafsiran tabel N-Gain 13,9% < 40%. Artinya (Hi)
ditolak dan (Ho) diterima. Dengan demikian tidak ada efektivitas model
pembelajaran open ended problem (problem terbuka) terhadap kemahiran menulis
teks persuasi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang
Tahun Pelajaran 2019/2020. Namun terdapat perbedaan pada Pretest dan Posttest
yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10
Tanjungpinang