DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM (PROBLEM TERBUKA) PADA KEMAHIRAN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Regina, Rahmadiyanti
Legi, Elfitra
Indah, Pujiastuti
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-23 23:52:30 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas Model Pembelajaran Open Ended Problem (Problem Terbuka) Terhadap Kemahiran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Model Pembelajaran Open Ended Problem (ProblemTerbuka) merupakan pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan pemecahan berbagai cara (flexibility) dan solusinya juga bisa beragam. Pembelajaran ini melatih dan menumbuhkan orisinalitas ide, krea tivitas, kognitif tinggi, kritis, komunikasi-interaksi, sharing, keterbukaan, dan sosialisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang di ambil dengan teknik simple random sampling. Besaran sampel di ambil dengan menggunakan rumus slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra-eksperimen one group pretest-posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Open Ended Problem (Problem Terbuka) untuk nilai pretest kemahiran menulis teks persuasi memperoleh kategori C ?Sedang?, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 64,5, sedangkan untuk nilai posttest kemahiran menulis teks persuasi memperoleh kategori B ?Baik?, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata -rata yaitu 74,5. Jadi berdasarkan penghitungan uji N-Gain, peneliti memperoleh persentase sebesar 13,9%, sedangkan berdasarkan tafsiran tabel N-Gain 13,9% < 40%. Artinya (Hi) ditolak dan (Ho) diterima. Dengan demikian tidak ada efektivitas model pembelajaran open ended problem (problem terbuka) terhadap kemahiran menulis teks persuasi siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2019/2020. Namun terdapat perbedaan pada Pretest dan Posttest yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tanjungpinang 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji