Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Rendra Adjie, Prawira
Febrian, Febrian
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 23:54:53
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran
pendidikan matematika realistik Indonesia dengan konteks kemaritiman
dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis
matematis siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest
posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X MIA SMA Negeri 2 Tanjungpinang tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri
dari 6 kelas. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel yang di ambil
dengan teknik acak kelas, yaitu kelas X MIA 3 dengan jumlah siswa 38 orang
sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 yang berjumlah 40 orang sebagai
kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen
berupa lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis matematis pada materi
sistem persamaan linear kuadrat dua variabel.
Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemapuan berpikir kritis
matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,54, sedangkan rata-rata peningkatan
kelas kontrol sebesar 0,33. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
menggunakan Independent Sample T-tes pada taraf signifikansi 5% atau (? =
0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini menggunakan
uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value < ?, maka Ho
ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa
yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran pendidikan
matematika realistik Indonesia dengan konteks kemaritiman lebih tinggi dari pada
yang memperoleh pembelajaran konvensional.