Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Renny, Fauzila
Linda, Rosmery
Nur, Izzati
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-23 23:58:58
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yang belajar melalui pendekatan Realistic Mathematics
Education pada materi peluang di kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Dalam
memecahkan masalah matematis berdasarkan teori Polya diperlukan 4 tahap
pemecahan masalah yaitu tahap memahami masalah, merencanakan strategi
pemecahan masalah, melaksanakan strategi pemecahan masalah dan memeriksa
kembali hasil pemecahan masalah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C
SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang berjumlah 33 siswa. Dari 33 siswa yang
mengikuti tes dipilih beberapa siswa yang akan diwawancarai sebagai tindak lanjut
dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini ialah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan teori Polya yaitu kemampuan
memahami masalah sebesar 19%, kemampuan merencanakan strategi sebesar
34%, kemampuan melaksanakan strategi sebesar 34% dan kemampuan memeriksa
kembali sebesar 13%. Hasil menunjukkan bahwa tahap pemecahan masalah yang
masih rendah atau lemah dimiliki oleh siswa ialah tahap memahami masalah dan
tahap memeriksa kembali, hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami
informasi yang terdapat pada soal dan ketidakmampuan siswa dalam memeriksa
kembali hasil pemecahan masalah yang diperoleh.