DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Termokimia di SMA Negeri Tanjungpinang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Rismawaty Ruth Theodora, Limbong
Inelda, Yulita
Eka Putra, Ramdhani
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu 
Datestamp
2021-07-24 00:06:58 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa . Keterampilan berpikir yang melingkupi keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir pemecahan masalah, dan berpikir metakognitif merupakan keterampilan yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran dengan pendekatan scientific. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan bahwa kemampuan berpikir kritis pada siswa belum dapat digunakan secara maksimal selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang berhasil adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan adalah model pembelajaran Problem Solving. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Problem Solving dapat merangsang pengembangan kemampuan berpikir peserta didik secara kritis, kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajarnya peserta didik banyak melakukan kegiatan yang menuntut individu tersebut mampu menyelesaikan suatu permasalahan dengan menyoroti permasalahannya dari berbagai segi dalam rangka mencari pemecaha n. Model ini juga akan membangun kemampuan berpikir kritis siswa sehingga siswa dapat menggunakan kemampuan berpikir kritisnya secara maksimal. Penelitian ini menggunakan meode Quasi Experiment, dengan instrumen tes (pretest dan posttest) dan lembar observasi selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat adanya pengaruh terhadap kelas ekperimen dan kelas kontrol yaitu menggunakan analisis Mann Whitney dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai gain dari kelas eksperimen sebesar 0,74 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,55 kategori sedang. Hasil uji hipotesis Mann Whitney yaitu Asymp.sig 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh model problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji