Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Rismawaty Ruth Theodora, Limbong
Inelda, Yulita
Eka Putra, Ramdhani
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 00:06:58
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari model pembelajaran
problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa . Keterampilan berpikir
yang melingkupi keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, berpikir pemecahan
masalah, dan berpikir metakognitif merupakan keterampilan yang dapat
dikembangkan melalui pembelajaran dengan pendekatan scientific. Berdasarkan
hasil wawancara yang telah dilakukan bahwa kemampuan berpikir kritis pada
siswa belum dapat digunakan secara maksimal selama proses pembelajaran
berlangsung. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu cara untuk
menciptakan pembelajaran yang berhasil adalah dengan menerapkan model
pembelajaran yang sesuai. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk
diterapkan adalah model pembelajaran Problem Solving. Hal ini dikarenakan
model pembelajaran Problem Solving dapat merangsang pengembangan
kemampuan berpikir peserta didik secara kritis, kreatif dan menyeluruh, karena
dalam proses belajarnya peserta didik banyak melakukan kegiatan yang menuntut
individu tersebut mampu menyelesaikan suatu permasalahan dengan menyoroti
permasalahannya dari berbagai segi dalam rangka mencari pemecaha n. Model ini
juga akan membangun kemampuan berpikir kritis siswa sehingga siswa dapat
menggunakan kemampuan berpikir kritisnya secara maksimal. Penelitian ini
menggunakan meode Quasi Experiment, dengan instrumen tes (pretest dan
posttest) dan lembar observasi selama proses pembelajaran. Teknik analisis data
yang digunakan untuk melihat adanya pengaruh terhadap kelas ekperimen dan
kelas kontrol yaitu menggunakan analisis Mann Whitney dengan menggunakan
aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai gain dari kelas
eksperimen sebesar 0,74 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,55
kategori sedang. Hasil uji hipotesis Mann Whitney yaitu Asymp.sig 0,000 < 0,05
yang berarti adanya pengaruh model problem solving terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa.