Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Febri, Fitrianto
Mirta, Fera
Febrian, Febrian
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-24 00:35:34
Abstract :
Pendidikan merupakan salah satu aspek dalam kehidupan yang memegang
peranan penting. pada praktiknya, siswa secara ilmiah mengalami situasi yang
disebut learning obstacle, dimana terdapat tiga faktor penyebab terjadinya
learning obstacle menurut Brouseau, yaitu ontogenical, epistemological, design
didactical. penelitian dengan judul ?analisis learning obstacle siswa pada materi
persamaan lingkaran kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Karimun?. Memiliki
rumusan masalah bagaimana learning obstacle yang dihadapi siswa dalam
pembelajaran pada materi persamaan lingkaran kelas XI. Tujuan penelitian ini
untuk menganalisis learnung obstacle siswa pada materi persamaan lingkaran
kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode naturalistik. Adapun data yang
digunakan adalah data-dat primer. Data akan dianalisis dengan metode deskriptif.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan dimana dari tiga
aspek yang terdapat di learning obstacle. jika dilihat dari Aspek ontogenical siswa
tidak mengalami kesulitan. Hal ini dilihat dari hasil angket yang dikerjakan sisw a
yang diolah menggunakan softwer winsteep dengan hasil 74,9. dari aspek
epistemological kebanyakan siswa mengalami adanya. Hal ini dilihat dari hasil
tes soal yang dikerjakan siswa yang selanjutkan dikelompokkan berdasarkan
tingkatan. dan dari aspek design didactical tidak terdapat kesalahan yang
dilakukan guru. Hal ini dilihat dari hasil observasi peneliti.