Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Rendy Navy, Wicaksono
Nur, Izzati
Rezky, Ramadhona
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 00:38:06
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan
representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Novick dengan
yang memperoleh pembelajaran konvensional di MTs Idris Bintan. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VIII MTs Idris Bintan tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas
dengan jumlah siswa 72 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas
sampel yang diambil dengan menggunakan acak kelas, yaitu kelas VIII A dengan
jumlah siswa 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 24
orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
instrumen berupa lembar observasi dan tes kemampuan representasi matematis pada
materi koordinat kartesius.
Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan representasi
matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,69, sedangkan rata-rata peningkatan
kelas kontrol sebesar 0,29. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan
uji Mann-Whitney U pada taraf signifikansi 5% atau ( = 0,05), diperoleh Asymp. sig
(2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu pihak (pihak
kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value < , maka Ho
ditolak. Hal ini berarti
peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan penerapan model
pembelajaran Novick lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional